Belajar Kitab Perjanjian Baru : DARAH KRISTUS

Jumat, 01 Januari 2016

administrator

Dibaca: 1030 kali

Penumpahan darah Yesus Kristus di atas salib adalah suatu faktor bagi kita untuk menerima pengampunan dari dosa-dosa kami dan memungkinkan kami untuk masuk dalam hadirat dari Allah.

"... dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan". Ibr.9:22a

 

A. DI DALAM DARAH ADA KEHIDUPAN

"Karena nyawa mahluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa" . Im.17:11a.

Pada saat kami berbuat dosa, kami mendapatkan hukuman kematian. “Upah dosa adalah maut (Rm.6:23a). Yesus membayar hukuman ini bagi kita dengan menumpahkan darahnya (mati bagi kita untuk mengganti tempat kita).”

Perdamaian yang bahasa Inggrisnya atonement tersusun dari suku-suku kata : at-one- ment yang berarti menjadi satu dengan Allah, atau berdamai dengan Allah. Yesus memberikan kehidupanNya (menumpahkan darahNya) di atas salib untuk pendamaian kita dan hal ini memungkinkan kita untuk menjadi satu dengan Allah. Darah Yesus memberikan kita arti bahwa kita bukan lagi musuh-musuhNya, tetapi sahabat-sahabatNya, putera-puteraNya dan puteri-puteriNya. Dengan iman kita menerima apa yang telah dilakukan untuk kita.”

 

B. BAGAIMANA AKIBAT DOSA ATAS KEHIDUPAN KITA

1. Memisahkan Kita Dari Allah

"Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatan-mu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar ialah segala dosamu. (Yes 59:2)"

2. Membuat Kita Merasa Bersalah

"Sebab kesalahanku telah menimpa kepalaku; semuanya seperti beban berat yang terlalu berat bagiku. (Mzm 38:5)."

3. Membuat Setan Mendakwa Kita

“ … pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita ….. (Why 12:10)

4. Menuntut Hukuman Mati

"... dan orang yang berbuat dosa, itu harus mati. (Yeh 18:4)."

 

Darah Kristus telah memenuhi semua kebutuhan kita :

 

C. DARAH ADALAH UNTUK ALLAH

Darah dari Kristus telah dengan sempurnanya memenuhkan hukum Allah yang meminta hukuman untuk semua yang melanggar dosa. 1 Yohanes 3:4A berkata “Dosa adalah pelanggaran hukum Allah.”

Darah melindungi kita dari hukuman pelanggaran dosa (kematian).

 

Dalam Keluaran 12, Allah memerintahkan bangsa Isarel untuk melaburkan darah dari anak domba di atas ambang pintu rumah mereka untuk melindungi mereka dari malaikat maut yang akan membunuh anak-anak sulung.

Anak domba ini menggambarkan Anak Domba – Yesus – yang akan datang kemudian. Allah berkata, "... Apabila Aku melihat darah itu maka Aku akan lewat daripada kamu (melindungi) kamu …  (ayat 13a)."

1. Persekutuan Akan Dipulihkan

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Lebih-lebih karena kita sekarang telah dibenarkan dengan darahNya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah  (Rm 5:8,9a)."

2. Kita Akan Ditebus (dibeli kembali dari perhambaan)

"Sebab Dia dan di dalam darahNya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karuniaNya (Ef 1:7)."

 

D. DARAH ADALAH UNTUK MANUSIA

Darah telah memuaskan Allah : sekarang darah itu juga memuaskan kita dalam membersihkan hati nurani kita dari rasa bersalah.”

1. Darah Membersihkan Kita Dari Rasa Bersalah

"Betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diriNya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup (Ibr 9:14a)."

2. Darah itu Menyucikan Kita

"Itu jugalah Yesus telah menderita diluar pintu gerbang, untuk menguduskan umatNya dengan darahNya sendiri  (Ibr 13:12a)."

3. ”Darah Itu Membawa Kita Dekat Pada Allah”

"... dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya baik yang ada di bumi maupun yang ada di Sorga, sesudah Ia mengadakan pendamainan oleh darah salib Kristus. Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhiNya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatan- mu yang jahat, sekarang diperdamaikanNya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian- Nya …. (Kol 1:20-22a)."

4. Darah Itu Memberikan Kita Keberanian Untuk Masuk Hadirat Allah

"Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke tempat kudus, karena Ia telah membuka ja- lan baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diriNya sendiri, …. karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni (Ibr 10:19-22a)."

5. Darah Itu Menyempurnakan Kita Dihadapan Allah

"... sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan (Ibr 10:14)"

 

E. DARAH TUHAN BAGI IBLIS

Aktivitas setan yang paling strategis pada jaman ini ialah sebagai pendakwa-pendakwa saudara kita (Why 12:10) dan untuk inilah maka Allah menempatkan Yesus dalam suatu pelayanan yang amat khusus sebagai Imam Besar yang membawa darahNya sendiri (Ibr 9:11-14).

 

1. DarahNya Membawa Allah Pada Pihak Manusia Untuk Melawan Setan

" …. Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? Kristus Yesus, yang telah mati – bahkan lebih lagi: telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah. Yang mau menjadi pembela (berdoa) untuk kita? (Rm 8:31,33,34)."

Iblis tidak mempunyai tempat untuk men- dakwa orang-orang yang telah menerima tumpahan darah dari Kristus."

2. "Darah Itu Menghancurkan Semua Hak Milik Yang Sah Daripada Setan"

" ... di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa (Kol 1:14)."

Penebusan berarti membeli kembali. Kami sekarang mempunyai pemilik yang baru, harganya telah dibayar bagi kita dan harga itu adalah tumpahan darah dari Yesus. 

"... jemaat Allah yang diperolehNya dengan darah anakNya sendiri (Kis 20:28). Lihat juga 1 Korintus 6: 19,20 ; 1 Timotius 2:6."

 

F. APA YANG TELAH DIBAWA DARAH KRISTUS BAGI KITA

 

1. Kemurnian Dari Hati”

"Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita akan beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, anakNya itu, menyucikan kita dari segala dosa (1 Yoh 1:7)."

 

2. Hidup Yang Kekal

"Yesus berkata kepada mereka : Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging anak manusia, dan minum darahNya, kamu tidak mempunyai hidup di dalamnya. Barang siapa makan dagingKu dan minum darahKu ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir jaman (Yoh 6:53-54)."

 

3. Mendekat Pada Allah

"Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu jauh, sudah menjadi dekat oleh darah Kristus (Ef 2:13)."

 

IKRAR SAYA

Sekarang saya mengerti

apa arti penumpahan darah Kristus bagi Allah,

bagi setan dan bagi saya.

Saya berikrar untuk membagikan kebenaran ini

yang berhubungan dengan darah Kristus.

Saya selalu akan mengingatkan diri sendiri akan

perjanjian Tuhan  pada saya untuk mengampuni

dosa saya, menyucikan saya

dan melindungi saya dari gangguan setan.”

Khotbah Terkait

    Kembali ke atas




    Pokok Doa

    - Terjadinya pertobatan dari bangsa kita dimulai dari Gereja-Nya.

    - Agar Jemaat dikuatkan untuk mengambil kesempatan memberitakan nama Yesus dengan cara apapun yang Tuhan berikan di tengah keadaan yang sukar ini.

    - Keselamatan dan perlindungan Tuhan atas orang-orang percaya

    - Pemerintah Pusat dan Daerah, Dokter dan para medis yang sedang berjuang menangani pasien akibat Virus Corona

    semua agenda

    Agenda

    Info

    • PERTEMUAN KOMSEL kembali aktif di minggu pertama Januari 2020 (tgl 5 - 11 Jan). Komsel-komsel bisa mengadakan kebersamaan dan evaluasi pribadi dalam pertemuan perdana ini

    • Telah lahir putri kedua dari keluarga Bp Johani dan Ibu Roma yang di beri nama Rhea Ivana pada hari Senin, 12 Maret 2018 di RS Resti Mulya.

    • Doa korporat 24 Jam jemaat diadakan dalam 1 bulan sekali di akhir bulan pada hari jumat. Diharapkan seluruh jemaat mengambil bagian waktu doa 1 jam dengan mengisi form jadwal doa yang diberikan.

    • Bagi Fastor Komsel,  form laporan pertemuan komsel dapat memintanya kepada Bpk. Jerimia Saputra dan setelah di isi mohon memberikan laporannya kembali.

    • Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga Jemaat Tuhan Bpk M Rumapea dan Bpk MR Manik.

    Polling

    Apakah Saudara/i sudah belajar memulai membangun ibadah bersama di dalam keluarga?
    Sudah
    Belum

    Lihat

    Kontak Kami

    GPdI Jemaat Ujung Menteng
    Jalan Kelurahan Ujung Menteng no.18 RT015/RW001, Cakung,
    Jakarta timur. Indonesia.

    Telp/Fax : (021) 4611850

    E-mail :
    admin@gpdiujungmenteng.com

    Statistik Pengunjung

    000000


    Pengunjung hari ini :
    Total pengunjung : 357770
    Hits hari ini :
    Total Hits :
    Pengunjung Online: