Belajar Kitab Perjanjian Baru : YESUS

Jumat, 01 Januari 2016

administrator

Dibaca: 658 kali

A. YESUS ADALAH ANAK ALLAH

Dua ribu tahun yang lalu seorang manusia muncul dari permukaan sejarah. Ia dilahirkan kedalam dunia dan dibesarkan sebagai seorang manusia sama seperti manusia-manusia yang lain, tetapi orang ini berbeda dengan siapapun. Dia bukanlah orang biasa.

 

                Seorang perawan telah mengandung oleh Roh Kudus untuk melahirkan Dia ke dunia ini. Ia adalah Allah sendiri, yang datang ke dunia dengan wujud seorang manusia. Ia adalah “Anak Allah”(Luk 1:26-35)

 

“Pada mulanya adalah Firman (Yesus), dan Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah…Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak tunggal Bapa penuh kasih karunia dan kebenaran” (Yoh 1:1,14)

 

B. YESUS DATANG KEDALAM DUNIA UNTUK SUATU MAKSUD KHUSUS

1. Untuk Menyelamatkan Manusia Dari Kekuasaan Setan

“ Sebab Anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (Luk 19:10). Lihat juga Kolose 1:13.

 

2. Untuk Memberikan NyawaNya Menjadi Tebusan Bagi Banyak Orang

“…Anak manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang “ (Mat 20:28)

 

3. Untuk  Menghancurkan Pekerjaan Setan dalam Kehidupan Kita

“Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari iblis, sebab iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Allah menyatakan diriNya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan iblis itu” (1 Yoh 3:8)

 

4. Untuk Memberikan Kita Kehidupan Yang Kekal

“Dan inilah kesaksian itu : Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada didalam anakNya. Barangsiapa memiliki Anak ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup” (1 Yoh 5:11-12) Lihat juga Yoh 3:16,17 dan Yoh 10:10

 

5. Untuk Memberi Kami “Kelahiran Baru” Didalam Keluarga Allah

“Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah” (Yoh 1:12) Lihat juga 1 Yoh 3:1,2.

 

6.  Untuk Memulihkan Persekutuan Kita dengan Allah Bapa

“Apa yang telah kami lihat dan yang kami dengar itu kami beritakan kepada kamu

 

juga, supaya kamu beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami ada-lah persekutuan dengan Bapa dan dengan AnakNya, Yesus Kristus” (1 Yoh 1:13)

 

C.  YESUS DATANG UNTUK MENUNJUKKAN PADA KITA BAGAIMANAKAH ALLAH ITU

“ Sekiranya kamu mengenal Aku (Yesus), pasti kamu juga mengenal BapaKu. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia…barangsiapa telah melihat Aku,ia telah melihat Bapa; Bagaimana Engkau berkata : tunjukkan Bapa itu kepada kami?”

 

“Tidak percayakah engkau bahwa Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu tidak Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa,yang diam didalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan Nya. Percayalah kepadaKu, bahwa Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku.” (Yoh 14:7-11) Lihat juga Yoh 1:18

 

1. Ia Menunjukkan pada Kita Kasih Allah.

“Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan ditengah-tengah kita yaitu Allah telah mengutus AnakNya yang tunggal kedalam dunia, supaya kita hidup olehNya.

“Inilah kasih itu: bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus anakNya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita” (1 Yoh 4:9,10) Lihat juga Roma 5:8

2. Dia Menunjukkan Pada Kita Kuasa Allah

a. Dia menyembuhkan orang sakit, orang lumpuh dan orang buta. “Maka tersiarlah  berita tentang Dia diseluruh Siria, dan dibawalah kepadaNya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan setan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka” (Mat 4:24) Lihat juga Yohanes 9:1-7

 

b. Dia  mengusir  roh-roh  jahat. “Ia  menyembuhkan  orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka

 

c. Dia Mengadakan Banyak Mujizat. “Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk kedalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air…(Yesus) bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu : “Diam!Tenanglah”

“ Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali…(murid-muridNya) menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain :

“siapakah gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepadaNya?!” (Mar 4-37-41) Lihat juga Yohanes 6:1-21

 

d. Dia membangkitkan orang mati. ”Berserulah  Yesus dengan suara keras: “ Lazarus, marilah keluar!” Orang yang telah mati itu datang keluar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. “Kata Yesus kepada mereka : Bukalah kain-kain itu dan biarkan dia pergi!!” (Yoh 11:43,44)

Khotbah Terkait

Kembali ke atas




Pokok Doa

- Terjadinya pertobatan dari bangsa kita dimulai dari Gereja-Nya.

- Agar Jemaat dikuatkan untuk mengambil kesempatan memberitakan nama Yesus dengan cara apapun yang Tuhan berikan di tengah keadaan yang sukar ini.

- Keselamatan dan perlindungan Tuhan atas orang-orang percaya

- Pemerintah Pusat dan Daerah, Dokter dan para medis yang sedang berjuang menangani pasien akibat Virus Corona

semua agenda

Agenda

Info

  • PERTEMUAN KOMSEL kembali aktif di minggu pertama Januari 2020 (tgl 5 - 11 Jan). Komsel-komsel bisa mengadakan kebersamaan dan evaluasi pribadi dalam pertemuan perdana ini

  • Telah lahir putri kedua dari keluarga Bp Johani dan Ibu Roma yang di beri nama Rhea Ivana pada hari Senin, 12 Maret 2018 di RS Resti Mulya.

  • Doa korporat 24 Jam jemaat diadakan dalam 1 bulan sekali di akhir bulan pada hari jumat. Diharapkan seluruh jemaat mengambil bagian waktu doa 1 jam dengan mengisi form jadwal doa yang diberikan.

  • Bagi Fastor Komsel,  form laporan pertemuan komsel dapat memintanya kepada Bpk. Jerimia Saputra dan setelah di isi mohon memberikan laporannya kembali.

  • Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga Jemaat Tuhan Bpk M Rumapea dan Bpk MR Manik.

Polling

Apakah Saudara/i sudah belajar memulai membangun ibadah bersama di dalam keluarga?
Sudah
Belum

Lihat

Kontak Kami

GPdI Jemaat Ujung Menteng
Jalan Kelurahan Ujung Menteng no.18 RT015/RW001, Cakung,
Jakarta timur. Indonesia.

Telp/Fax : (021) 4611850

E-mail :
admin@gpdiujungmenteng.com

Statistik Pengunjung

000000


Pengunjung hari ini :
Total pengunjung : 357807
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online: