Pokok-Pokok Pelajaran Tentang Roh Kudus

Sabtu, 25 April 2015

admin

Dibaca: 2220 kali

Pendahuluan

Sejauh mana pentingnya pelajaran hidup ini dan mengapa kita mempelajarinya? Karena pokok-pokok pelajaran tentang Roh Kudus adalah salah satu pengajaran doktrin yang sangat penting dalam Alkitab. Karena zaman 2000 tahun terakhir ini secara khusus di peruntukkan bagi Roh Kudus. Kisah Para Rasul 2 : 4, Yohanes 14 : 16.

Karena kita hidup di Akhir Zaman, di dalam suatu masa pencurahan Roh Kudus secara istimewa seperti yang telah dijanjikan. Yakobus 5 : 7-8. Karena setiap orang Kristen dilahirkan kembali oleh Roh Kudus Yohanes 3 : 5-6, dipimpin oleh Roh Roma 8:14, dan memperoleh buah-buah Roh. Galatia 5 : 22-23.

Karena semua orang Kristen harus dibaptiskan dengan Roh Kudus Kisah Para Rasul 2 : 38-39 dan dapat menerima Karunia-karunia Roh Kudus seperti yang dikendaki-Nya 1 Korintus 12 dan 14. Karena semua orang Kristen harus mengenal Roh Kudus, cara-caraNya bekerja, perbuatan-perbuatan, dan sifat-sifatNya. Kita juga harus mengenal Dia sebagai Guru, Pemimpin, Sahabat dan Kekasih. Karena Roh Allah adanya. Bapa, Firman dan Roh Kudus adalah ke-Allahan yang kekal 1 Yohanes 5 : 5-7.

Penjelasan : Roh Kudus dalam bahasa Yunani : PNEUMA berarti : angin, udara atau nafas. Roh Kudus adalah Dia yang menjadi nafas kehidupan.

I. KEOKNUMAN ROH KUDUS

1. Ia lebih daripada suatu pengaruh atau kuasa dari Allah. Ia adalah satu oknum adanya. Adalah penting mengakui Roh Kudus sebagai suatu oknum. Kita harus mengenal Dia sebagai sahabat dan penolong. Kalau kita hanya menganggap Dia sebagai suatu pengaruh atau kuasa saja, kita akan gagal untuk mencintai dan menghormati Dia.

2. Roh Kudus disebut sebagai Oknum laki-laki. Yaitu Dia bahasa Inggris “He” kata ganti orang. Yohanes 14 : 16-17; 15 : 26; 26:7-8; 16 : 13-14.

3. Roh Kudus datang untuk menggantikan Yesus lihat ayat-ayat di atas. Oleh karena itu Dia harus dapat melakukan dengan sepenuhnya pekerjaan Yesus serta menggenapi pelayanan Yesus di bumi. Dia harus bekerja sebagai pengganti Kristus. Oleh sebab itu Dia harus sama dengan Yesus. Dia oknum adanya dan menjadi penuntun dan pemimpin gereja di bumi. Yohanes 16:7. Sangat berguna bagi Kristus untuk pergi, supaya Roh Kudus dapat datang 1 Yohanes 2 :1. Tuhan Yesus disebut sebagai perantara (TL) juru syafaat kita di sorga, di sebelah kanan Bapa. Kata Jurusyafaat adalah “Parakletos” bahasa Yunani seorang yang dipanggil atau diutus untuk menolong orang yang lain. Kata Parakletos ini dipakai untuk Roh Kudus dalam Yohanes 16:16,26;15:26 dan 16;17. Roh Kudus adalah Parakletos di bumi untuk menolong kita, yaitu Penolong selama Tuhan Yesus, Anak Allah, “Parakletos” kita di sorga, mengadakan syafaat karena kita di hadapan Bapa sebagai Perantara/Juru Syafaat. Dengan demikian orang percaya mempunyai 2 “Parakletos” (Perantara dan Penolong):

  • Tuhan Yesus di sorga berhadapan dengan Bapa
  • Roh Kudus di bumi diam dan menyertai kita untuk selama-lamanya. Perhatikan Yohanes 14:16 dimana Yesus berbicara tentang “Penolong yang lain” yaitu Roh Kudus.

 

4. Sifat-sifat pribadi yang dikaitkan dengan Roh Kudus :

  • Pengetahuan – 1 Korintus 12:10-13    

10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. 12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.              

  • Pikiran – Roma 8 : 27

Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

  • Kehendak - 1 Korintus 12 : 11

Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

  • Kasih – Roma 15 : 30 

Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,                             

5. Kita tahu, bahwa Roh Kudus itu oknum adanya karena perbuatan-perbuatanNya. Roh Kudus dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan, karena Dia suatu Oknum. PerbuatanNya banyak dan menakjubkan. Berikut adalah suatu daftar sebagai dari perbuatanNya:

a) Roh Kudus berbicara. Wahyu 2:7,11,17,29,36,13,22;22:17

b) Roh Kudus menyelidiki segala perkara. 1 Korintus 2 :10

Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

c) Roh Kudus menyatakan. 2 Petrus 1 : 21

sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

d) Roh Kudus menyaksikan. Yohanes 15 : 26

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

e) Roh Kudus Mengajar. Yohanes 14 : 26

tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

f) Roh Kudus memanggil dan menempatkan orang-orang dalam pekerjaanNya. Kisah Para Rasul 13:2; 20:28

g) Roh Kudus memohon. Roma 8 : 26

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

h) Roh Kudus berseru. Galatia 4 : 6

Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

i) Roh Kudus memimpin. Roma 8 : 14

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

j) Roh Kudus mengatur. Kisah Para Rasul 16 : 6-7

6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.

k) Roh Kudus menjadikan. Ayub 33 : 4

Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

l) Roh Kudus menginsafkan. Yohanes 16 : 8

Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

m) Roh Kudus menyucikan. Roma 15 : 16

yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

n) Roh Kudus menolong. Roma 8 : 26

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

o) Roh Kudus memberi Karunia-Karunia. 1 Korintus 12 : 7-11

7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.

9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

p) Roh Kudus mengerjakan mukjizat-mukjizat. Kisah Para Rasul 2:4, 8:39

 

6. Kita mengetahui bahwa Roh Kudus adalah oknum karena Dia mempunyai perasaan-perasaan pribadi. Roh Kudus dapat :

a) Didukakan. Efesus 4 : 30

Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

b) Didustai. Kisah Para Rasul 5 : 3

Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?

c) Dihina. Ibrani 10:29

Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?

d) Dihujat dan Ditawan. Matius 12 : 31-32

31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. 32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.

e) Dihalangi. Kisah Para Rasul 7 : 51

Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.

f) Dicobai. Kisah Para Rasul 5 : 9

Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

g) Didurhakai/dilukai. Yesaya 63 : 10

Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.

Khotbah Terkait

    Kembali ke atas




    Pokok Doa

    - Terjadinya pertobatan dari bangsa kita dimulai dari Gereja-Nya.

    - Agar Jemaat dikuatkan untuk mengambil kesempatan memberitakan nama Yesus dengan cara apapun yang Tuhan berikan di tengah keadaan yang sukar ini.

    - Keselamatan dan perlindungan Tuhan atas orang-orang percaya

    - Pemerintah Pusat dan Daerah, Dokter dan para medis yang sedang berjuang menangani pasien akibat Virus Corona

    semua agenda

    Agenda

    Info

    • PERTEMUAN KOMSEL kembali aktif di minggu pertama Januari 2020 (tgl 5 - 11 Jan). Komsel-komsel bisa mengadakan kebersamaan dan evaluasi pribadi dalam pertemuan perdana ini

    • Telah lahir putri kedua dari keluarga Bp Johani dan Ibu Roma yang di beri nama Rhea Ivana pada hari Senin, 12 Maret 2018 di RS Resti Mulya.

    • Doa korporat 24 Jam jemaat diadakan dalam 1 bulan sekali di akhir bulan pada hari jumat. Diharapkan seluruh jemaat mengambil bagian waktu doa 1 jam dengan mengisi form jadwal doa yang diberikan.

    • Bagi Fastor Komsel,  form laporan pertemuan komsel dapat memintanya kepada Bpk. Jerimia Saputra dan setelah di isi mohon memberikan laporannya kembali.

    • Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga Jemaat Tuhan Bpk M Rumapea dan Bpk MR Manik.

    Polling

    Apakah Saudara/i sudah belajar memulai membangun ibadah bersama di dalam keluarga?
    Sudah
    Belum

    Lihat

    Kontak Kami

    GPdI Jemaat Ujung Menteng
    Jalan Kelurahan Ujung Menteng no.18 RT015/RW001, Cakung,
    Jakarta timur. Indonesia.

    Telp/Fax : (021) 4611850

    E-mail :
    admin@gpdiujungmenteng.com

    Statistik Pengunjung

    000000


    Pengunjung hari ini :
    Total pengunjung : 380369
    Hits hari ini :
    Total Hits :
    Pengunjung Online: